Assalamualaikum
warahmatullahi Wabarakatuh….
Pada Laporan Praktikum yang Ke-delapan
ini saya akan membahas kembali apa yang kami pelajari selama Mata Kuliah
Algoritma dan Pemrograma (Java) berlangsung pada tanggal 31 Oktober 2017 oleh
Ibu Dosen Sundari Retno Andani, S.T,M.Kom .Pada pertemuan ini kami mempelajari
tentang PACKAGE DAN JAVA KELAS.
Kita
langsung saja ,
A.
PACKAGE
Package digunakan untuk mengelompokkan
file kelas (*.class) yang terkait (karena jenisnya, fungisnya atau karena alasan
lainnya) pada direktori yang sama, dimana didalam setiap kelasnya terdapat
directive (statement java dalam source code yang digunakan untuk membuat kela)
package yang mengacu pada directori tersebut.
Deklarasi
package :
Package namaPackage;
Secara umum, bila ingin menggunkan
kelas yang telah dideklarasikan dan dikompile ke dalam suatu package, maka anda
perlu membubuhkan pernyataan import pda kelas pemanggil tersebut.
Deklarasi
import :
1. Mendeklarasikan
penggunaan kelas suatu package satu persatu
Import namaPackage.namaKelas;
2.
Mendeklarasikan penggunaan semua kelas
suatu package
Import namaPackage.*;
B.
JAVA KELAS
Sun Microsystem, Inc. selaku pengembang
utama Java mnyediakan banyak kelas yang dapat digunakan untuk mempermudah
pembuatan aplikasi java.
1.
Kelas
String
String merupakan kelas
yang menangani deretan karakter. Kelas ini mendukung sejumlah method yang
sangat berguna untuk memanipulasi string. Beberapa method dalam kelas string
adalah :
Char charAt (int indeks) : mengahasilkan
karakter yang terleteak pada posisi indeks.
Boolean equals (Object anObject):
membandingkan string ini degan obyek lain. Case sensitive.
Boolean equalsIgnoreCase(String
anString) : membandingakan string ini dengan obyek lain. Tidak case sensitive.
Int length() : mengembalikn nilai panjang/jumlah
karakter dari string.
String to LowerCase() : mengkonversi
semua karakter menjadi huruf kecil.
String to UpperCase() : mengkonversi
semua karakter menjadi huruf besar.
String trim() : mengembalikan salinan
string ini setelah menghilangkan spasi kosong di awal dan diakhir string.
2.
Kelas
Math
Math
adalah kelas yang terdapat pada paket java.lang yang berguan untuk melakukan
berbagai operasi matematika. Beberapa method dalam kelas math adalah :
·
Double abs(double a) : menghasilkan
nilai mutlak dari atribut.
·
Double ceil(double a) : mengkonversi
nilai atribut dengan pmbulatan ke bawah.
·
Double floor(double a) : mengkonversi
nilai atribut dengan pmbulatan ke atas.
·
Long round(double a) : menghasilkan
niali yang merpakan bilangan bulat terdekat dengan parameter a.
·
Double sqrt(double a) : menghasilkan
nilai yang merupakan akar kuadrat dari a.
LANGKAH-LANGKAH
PRAKTIKUM
Membuat
direktori Meet*/makhlukhidup/hewan
A.
MEMBUAT
PROGRAM Manusia.java
package makhlukhidup;
public class Manusia {
public String nama ="";
public Manusia (String nama) {
this.nama = nama;
}
}
Note :
1.
Script ini harus
berada dalam folder makhluk hidup.
2.
Hanya bisa
dicompile.
B.
MEMBUAT
PROGRAM Tumbuhan.java
package makhlukhidup;
public class Tumbuhan {
public String nama ="";
public Tumbuhan (String nama) {
this.nama = nama;
}
}
Note :
1.
Script ini harus
berada dalam folder makhluk hidup.
2.
Hanya bisa
dicompile.
C.
MEMBUAT
PROGRAM Burung.java
package
makhlukhidup.hewan;
public class Burung {
public static final boolean bisaTerbang = true;
public String nama ="";
public Burung (String nama) {
this.nama = nama;
System.out.println("Nama burung:
"+nama);
}
}
Note :
1.
Script ini harus
berada dalam folder makhluk hidup/hewan.
2.
Hanya bisa
dicompile.
D.
MEMBUAT
PROGRAM MainMakhlukHidup.java
public
class MainMakhlukHidup {
public static void main(String []
args){
makhlukhidup.Manusia m =
new makhlukhidup.Manusia ("Sayuti");
System.out.println("nama
: "+m.nama);
makhlukhidup.Tumbuhan t
= new makhlukhidup.Tumbuhan ("Palem");
System.out.println("nama
: "+t.nama);
System.out.println("Semua
burung pasti bisa terbang?"
+makhlukhidup.hewan.Burung.bisaTerbang);
makhlukhidup.hewan.Burung
b = new makhlukhidup.hewan.Burung("Beo");
}
}
Note :
1.
Script ini harus
berada dalam folder meet8.
2.
Outputnya:
E.
MEMBUAT
PROGRAM MainMakhlukHidupPakeImport.java
import
makhlukhidup.*;
import
makhlukhidup.hewan.*;
public
class MainMakhlukHidupPakeImport {
public static void main(String []
args) {
Manusia m = new Manusia
("Sayuti") ;
System.out.println
("nama: "+m.nama);
Tumbuhan t = new
Tumbuhan ("Palem") ;
System.out.println
("nama: "+t.nama);
System.out.println
("Semua burung pasti bisa terbang?" +Burung.bisaTerbang);
Burung b = new Burung
("Beo");
}
}
Note :
1.
Script ini harus
berada dalam folder meet8.
2.
Outpunya akan
sama dengan script yang diatas, hanya aja ini memakai import.
3.
Outputnya:
F.
MEMBUAT
PROGRAM ContohString.java
public class
ContohString {
public static void main (String[] args) {
String Kalimat = "Selamat belajar
JAVA";
System.out.println ("toUpperCase :
"+Kalimat.toUpperCase());
System.out.println ("toLowerCase :
"+Kalimat.toLowerCase());
System.out.println ("Jumlah karakter :
"+Kalimat.length());
System.out.println ("Karakter index ke 0
: "+Kalimat.charAt(0));
System.out.println ("Substring (16,20) :
" +Kalimat.substring(16,20));
System.out.println ("Karakter index ke 0
: "+Kalimat.trim());
}
}
Note :
Outputnya:
G.
MEMBUAT
PROGRAM OpMatematika.java
public
class OpMatematika{
public static void main (String []
args) {
System.out.println("
E = "
+Math.E);
System.out.println("
PI = "
+Math.PI);
System.out.println("
Ln 20 = "
+Math.log(20.0));
System.out.println("
ceil (-5.6) = "
+Math.ceil(-5.6));
System.out.println("
floor (-5.6) = "
+Math.floor(-5.6));
System.out.println("
round (-5.6) = "
+Math.round(-5.6));
System.out.println("
sqrt (25) = " +Math.sqrt(25));
System.out.println("
pow (25,0.5) = "
+Math.pow(25,0.5));
}
}
Note :
Outputnya:
Kriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiingg!!!!
Bel Pulangpun berbunyi,
maka pembelajaran kamipun selesai..
Demikianlah Laporan
Praktikum yang ke-delapan ini saya buat, lebih dan kurang mohon maaf..
Wassalamualaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh…..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar